NABILA MEUTIA ZAHRA

Berpacu menjadi yang terbaik

review sistem cerdas 1

diposting oleh nabila-m-z-fst10 pada 04 May 2015
di Umum - 0 komentar

Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat kita dituntut untuk menerapkan sistem cerdas dimana sistem cerdas adalah sistem yang menerapkan kecerdasan buatan. Jadi, “kecerdasan” inilah yang diciptakan untuk kemudian dimasukkan ke dalam suatu mesin atau komputer. Sistem ini dibuat agar dapat berpikir layaknya manusia. Sistem ini juga dibuat agar dapat “berperilaku” seperti manusia, juga mampu menyerap pengalaman dan mampu bertindak berdasarkan pengalaman tersebut, sehingga sistem ini seolah-olah mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir seperti halnya manusia. Tujuan utama dari Kecerdasan Buatan, yaitu: mengetahui dan memodelkan proses-proses berfikir manusia dan mendesain mesin agar rapat menirukan kelakuan manusia tersebut.

Ciri-ciri Sistem Cerdas adalah sebagai berikut : Kemampuan belajar dan penalaran tampak nyata, kemampuan mengolah data/fakta yang tidak jelas/kabur (fuzzy) dengan mudah, kemudahan pengembangannya.

3 Konsep dasar dalam sistem cerdas :

  1. Sistem logika samar / fuzzy logic adalah sistem yang mengadopsi strategi kendali dengan logika inferensi samar. Logika inferensi (penyimpulan) samar ini mengolah data-data eksternal dengan menggunakan fungsi-fungsi keangotaaan yang bersifat samar. Sistem logika samar secara luas telah digunakan dalam aplikasi mekatronika dalam bidang pertanian seperti untuk mendeteksi kadar nitrogen hasil bumi menggunakan sensor multi-spectral . Selain itu sistem ini secara efektif juga bisa digunakan untuk mengendalikan robot bergerak (insyaallah akan dibahas pada bab lainnya).
  2. Sistem cerdas berbasis pengetahuan adalah sistem yang memiliki kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli. Sistem ini ditunjukkan pada gambar di bawah, memiliki sebuah blok utama berupa basis pengetahuan yang berisi informasi kepakaran. Informasi kepakaran dijabarkan algoritma cerdas, dan komponen prakondisi isyarat yang mengatur kerja sensor-sensor. Algoritma cerdas inilah yang memutuskan aksi-aksi yang tepat untuk setiap keadaan/status sistem
  3. Jaringan syaraf tiruan (neural network),jaringan syaraf tiruan terinspirasi dari sistem pengorganisasian otak. Sistemini bekerja seperti kinerja otak manusia yang mampu menangkap banyak inputan. Sehingga dalam realitanya bisa dimanfaatkan untuk kondisi yang mampu meniru prinsip dari kinerja otak manusia

Lingkup Utama Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence )

  1. Sistem pakar. Komputer digunakan sebagai saran untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki para pakar
  2. Pengolahan bahasa alami. Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
  3. Pengenalan ucapan. Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.
  4. Robotika dan Sistem sensor
  5. Computer vision, mencoba untuk dapat mengintrepetasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer
  6. Intelligent Computer aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar

Dewasa ini sudah banyak implementasi Sistem Cerdas pada dunia perfilman, permainan (games), transportasi, industri, bisnis, medis, dan lainnya. Berikut merupakan contoh penerapan dan inovasi dari Sistem Cerdas:

https://www.youtube.com/watch?v=9W7WE1oP7d4

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :