NABILA MEUTIA ZAHRA

Berpacu menjadi yang terbaik

TUGAS 4 PEMODELAN FISIOLOGI

diposting oleh nabila-m-z-fst10 pada 09 October 2016
di Umum - 0 komentar

Pada pertemuan minggu ke-4 kuliah pemodelan fisiologi, membahas tentang persamaan proses. System membutuhkan tiga komponen yaitu NLS(Schrödinger nonlinier), data, dan persamaan. Persamaan yang sering digunakan yaitu persamaan analitik. Metode analitik sendiri merupakan metode penyelesaian model matematika dengan rumus-rumus aljabar yang sudah baku (lazim).

             Penggunaan metode analitik diantaranya pada animasi, simulasi ataupun visualisasi. Animasi ialah paparan pantas susunan imej-imej seni 2-D atau posisi model agar menghasilkan ilusi gerakan. Animasi ialah sejenis ilusi optik pergerakan disebabkan kejadian penerusan penglihatan, dan boleh dihasilkan dan didemonstrasi dalam pelbagai cara. Kaedah persembahan animasi yang paling laris ialah sebagai program wayang gambar atau video, namun juga terdapat cara-cara lain untuk mempersembahkan karya animasi. Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu. Visualisasi (Inggris: visualization) adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia. Contoh dari hal ini meliputi lukisan di dinding-dinding gua dari manusia purba, bentuk huruf hiroglip Mesir, sistem geometri Yunani, dan teknik pelukisan dari Leonardo da Vinci untuk tujuan rekayasa dan ilmiah, dll. Pada saat ini visualisasi telah berkembang dan banyak dipakai untuk keperluan ilmu pengetahuan, rekayasa, visualisasi disain produk, pendidikan, multimedia interaktif, kedokteran, dll. Pemakaian dari grafika komputer merupakan perkembangan penting dalam dunia visualisasi, setelah ditemukannya teknik garis perspektif pada zaman Renaissance. Perkembangan bidang animasi juga telah membantu banyak dalam bidang visualisasi yang lebih kompleks dan canggih.

               Penyelesaian menggunakan metode analitik seriing dibantu menggunakan metode numeric. Terlebih saat proses atau kasus yang diselesaikan tidak istimewa lagi. Misal saat menghitunga luasan, batas yang didapat sudah tidak seragam atau tidak sama maka keadaan tersebt dapat dikategorikan tidak istimewa. Pada lain kasus, perhitungan yang tidak dapat menggunakan bias yang sama menggunakan metode fillit element.

                Metode filit element memiliki kelebihan yakni penggunaan saat pengamatan akan memberikan hasil yang lebih detail. Karena itu lah pada filit element diperlukan persamaan dari setiap sel yang ada. Contoh penggunaan filit element salah satunya untuk menghitung serap makanan di lambung, hal ini memungkinkan karena memiliki medan(lambung).

               Berikut merupakan tautan untuk tugas opsional yaitu video simulasi pertumbuhan molekul atau pertumubuhan/perkembangan fisiologi:

https://www.youtube.com/watch?v=W43MH3h3NNY

https://www.youtube.com/watch?v=aeSWZqzzDI8

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :