NABILA MEUTIA ZAHRA

Berpacu menjadi yang terbaik

kuliah prokom pak soegi part 2

diposting oleh nabila-m-z-fst10 pada 28 May 2012
di Umum - 4 komentar

Selamat malam semua teman-teman. untuk memenuhi kewajiban setiap minggu kita ini, saya akan menceritakan ulang tentang materi perkuliahan yang diberikan pak soegi minggu kemren mengenai proses pengaksesan PC.

pada awal pembicaraan, pak soegi membahas tentang apa yang terjadi saat awal kita menghidupkan pc, yaitu proses pembangkitan mainboard. di mainboar itu ada sebuah program yang rapi yang skrg lebih baik yaitu BIOS. yang dilakukan BIOS adalah mendeteksi semua hardware yang ada seperti usb, vga card, memori, prosessor dll. lalu setelah itu mengambil data dari hard disk dan memstikan data yang ada di mainboar dbisa diakses semua.

BIOS sendiri adalah konfigurasi awal sebuah komputer sebelum sistem operasi yang berupa pengaturan hard disk, vga, dsb dalam tampilan DOS. BIOS ini program bawaan dari setiap PC dan terletak dalam chip.

Tampilan BIOS

berbagai macam fungsi dari BIOS adalah:

1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.\

lalu pak soegi melanjutkan pembicaraan tentang server. dimana server adalah suatu mesin yang dituntut untuk mempunyai performa yang tidak pernah turun selama 24 jam dan juga memiliki mekanisme perlindungan terhadap dirinya. server ini tersedia untuk memberikan respon saat dia direquest.

lalu pak soegi membahas tentang safe mode. safe mode ini adalah pilihan pada start up windows yang berfungsi menangani masalah pada sistem. dan bedanya safe mode dengan server, safe mode ini mempunyai waktu tidur, dan tidak diharuskan beroperasi selama 24 jam.

pada saat safe mode ini berjalan, pc hanya akan mengaktifkan file-file kecil yang dibutuhkan dan program-program penting saja. safe mode ini hanya membutuhkan kapasitas yang kecil untuk menjalankan program. karena dari itulah, pada beberapa program yang telah di uninstall dan tetap tidak dapat digunakan, pada safe mode ini program akan bisa kembali dijalankan.

setelah itu, pak soegi memberikan tugas untuk mencari tahu cara memasuki save mode dalam keadaan windows normal. sesuai dengan sumber yang saya dapat, saya mendapat penjelasan sebagai berikut:

Langkah 1

Nyalakan PC anda, namun bila PC sudah dalam keadaan hidup, maka silahkan restart (reboot) kembali PC-nya.

Langkah 2

Tak lama setelah komputer dihidupkan, akan muncul tulisan  “Entering Set-up”. Namun kemunculan pesan itu bisa jadi tidak sama pada tiap komputer, anda harus menempuh prosedur yang berbeda. Beberapa komputer harus menekan tombol F10, F5, F3, F2, atau F1. Namun sebagian besar lainnya harus mengklik Delete. Di beberapa PC yang lain anda harus menekan  Escape atau Insert.

Cara Masuk Setting BIOS

Langkah 3

Dalam beberapa kasus, anda harus menekan tombol kombinasi. Misalnya  Control + Escape, Alt + Ecape, Control + Alt + Escape, Control + Alt + Enter. Ketika anda menekan tombol-tombol ini, maka ada kemungkinan anda harus mengkliknya lebih dari satu kali. Tetapi bila anda mengkliknya terlalu banyak maka akan muncul bunyi peringatan beep.

Jika berhasil, maka Anda akan dibawa masuk ke halaman setting BIOS

Contoh Halaman Setting BIOS

 

sekian dulu kuliah ulang pak soegi kali ini :D

semoga bermanfaat untuk kita semua, dan jangn lupa untuk berkomen dan bertanya. terimakasih :)

 

* sumber-sumber kutipan saya:

kutip1

kutip2

4 Komentar

DYAH WULAN PUTRI P

pada : 30 May 2012


"Saya mau bertanya, apakah semua gadget itu mempunyai BIOS?misalnya SmartPhone,Ipad,Tab.... terimakasih...."


Fadhilah D.H

pada : 24 June 2012


"http://fadhilahdh-fst10.web.unair.ac.id/"


Merrinda Putri A.S

pada : 29 June 2012


"di setiap komputer biasanya kta tidak masuk ke BIOS. apabila suatu komputer mewajibkan memasuki windows sebelum masuk windows, apakah komputer itu normal?

Terima Kasih..."


admin

pada : 29 June 2012


"untuk dyah wulan, setiap gadget itu memiliki BIOS termasuk smartphone, ipad, tab

untuk merrinda, hal seperti itu termasuk normal
tidak mengindikasikan adanya kerusakan system dsb
"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :