NABILA MEUTIA ZAHRA

Berpacu menjadi yang terbaik

kuliah prokom pak soegi part 3 ralat

diposting oleh nabila-m-z-fst10 pada 05 June 2012
di Umum - 2 komentar

 

selamat malam pak, maaf saya posting 2x. karena tadi pada jam 11.50 sudah selesai resume saya, tapi karena saya mengerjakannya langsung pada halaman blog untuk menulis artikel, saya tidak punya soft copynya pada word pak. dan pada saat saya mau upload artikel ke blog, koneksi internet saya terputus, dan semua resume saya hilang pak. saya mohon maaf pak. dan sekarang akan saya buat lagi resume yang lengkapnya. tadi saya sudah posting dulu seadanya sebelum jam 12 malam. mohon maaf sebensar-besarnya pak. ini karena koneksi internet saya yang buruk

 

1. pembahasan pertama yaitu mengenai IP. Protokol Internet (Inggris Internet Protocol disingkat IP) adalah protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisaninternetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket dataantar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP. Versi IP yang banyak digunakan adalah IP versi 4 (IPv4) yang didefinisikan pada RFC 791 dan dipublikasikan pada tahun 1981, tetapi akan digantikan oleh IP versi 6 pada beberapa waktu yang akan datang.

Protokol IP merupakan salah satu protokol kunci di dalam kumpulan protokol TCP/IP. Sebuah paket IP akan membawa data aktual yang dikirimkan melalui jaringan dari satu titik ke titik lainnya. Metode yang digunakannya adalah connectionless yang berarti ia tidak perlu membuat dan memelihara sebuah sesi koneksi. Selain itu, protokol ini juga tidak menjamin penyampaian data, tapi hal ini diserahkan kepada protokol pada lapisan yang lebih tinggi (lapisan transport dalam OSI Reference Model atau lapisan antar host dalam DARPA Reference Model), yakni protokol Transmission Control Protocol (TCP).

 

2. Pembahasan berikutnya mengenai DNS. 

DNS adalah Domain Name Server, yaitu server yang digunakan untuk mengetahui
IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer
berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya.
Namun bagi manusia tidak mungkin menghafalkan IP address tersebut, manusia lebih mudah menghapalkan kata-kata seperti www.yahoo.com, www.google.com, atau www.friendster.com. DNS berfungsi untuk mengkonversi nama yang bisa terbaca oleh manusia ke dalam IP addresshost yang bersangkutan untuk dihubungi.

Cara kerja DNS adalah sebagai berikut:
● Ketika kita merequest suatu alamat, misalnya www.friendster.com dari host
kita (nirmaladewi.its.ac.id – 202.154.63.26), maka host kita akan mengontak
name server lokal untuk menanyakan dimanakah www.friendster.com berada.

● Name server ITS (202.154.63.2) akan mencari request tersebut di database
lokal. Karena tidak ada, maka name server akan mengontak root DNS servernya,
siapa yang memegang domain untuk .com

● Beberapa daftar Top Level Domain (TLD) yang ada sekarang adalah: com,
net, org, biz, info, name, museum, dan tv. Sedangkan Country Code Top
Level Domain (ccTLD) adalah: us, uk, fr, es, de, it, jp, ie, dll.

● Root server akan memberitahu IP address dari server DNS dari
www.friendster.com. Kemudian DNS server lokal akan mengontak server
DNS yang mengelola www.friendster.com. Kemudian DNS server tersebut
akan memberitahu IP address dari www.friendster.com. baru host
nirmaladewi merequest www.friendster.com dengan IP address tersebut.

 

adalah field yang menunjukkan master server pada puncak/root dari zona
authority. Hanya diperbolehkan terdapat satu master server tiap zona authority.
Contohnya domain its.ac.id memiliki SOA MNAME web.unair.ac.id

 

 

3. Pembahasan berikutnya mengenai android. android ini adalah OS yang sedang memegang kendali perkembangan gadget akhir-akhir ini. selain OS android mudah dioperasikan, OS android juga memiliki banyak aplikasi yang mudah didaptkan oleh pengguna.

inilah beberpa produk keluaran ber-OS android:

a. Telfon Rumah android / Archos 35 Smart Home Phone

Konteks “smartphone” yang selama ini kita ketahui mungkin adalah sebuah telepon seluler, namun tahukah Anda bahwa terdapat telepon rumah yang kini mendapat julukan “smart” dan menggunakan sistem operasi (OS) yang sama seperti smartphone pada umumnya? Archos 35 Smart Home Phone, sebuah telepon rumah digital tanpa kabel yang juga mendukung koneksi ADSL, memiliki sistem operasi Android dan layar sentuh selayaknya smartphone.

Perangkat ini akan menggabungkan fitur smartphone dalam sebuah telepon cordless DECT yang menggunakan Android Froyo 2.2 pada sebuah layar touchscreen 3.5 inci yang bisa memainkan musik, merekam video, browsing internet lewat Wi-Fi serta menjalankan aplikasi Android yang kompatibel. Unit ini kompatibel dengan kabel telepon standar serta kotak ADSL, untuk teleponnya sendiri akan berfungsi dengan menggunakan frekuensi 1,9 GHz. Layar 3.5 inci-nya hanya memiliki resolusi sebesar 272x480 tapi tetap memiliki kemampuan umum layaknya smartphone Android.

Para kontak yang ada di ponsel Android Anda juga bisa ditransfer pada perangkat Archos ini melalui port USB serta sebuah aplikasi khusus. Telepon ini juga dilengkapi dengan internal memory sebesar 8GB serta sebuah slot MicroSD card untuk tambahan kapasitas penyimpanan. Produk ini tampaknya ditujukan untuk para pengguna smartphone yang tidak terlalu memerlukan ponsel mobile dan menghindari kontrak khusus yang mengikat dari kepemilikan smartphone tersebut.

Dengan sistem operasi Android, kegunaannya cukup bervariasi. Anda dapat membaca artikel sambil membaca email yang masuk, bermain game, serta mendengar musik, semua langsung di Archos 35 Smart Home Phone.  Jadi boleh dibilang, Anda mendapatkan banyak kemampuan dalam sebuah paket yang keren dan penuh fungsionalitas.

b.

Android with google TV

 

Kebayangkan bagaimana nanti android tv, denan hanya menggunakan sapuan tangan kita akan menganti chanel sama seperti kit mengeser geser foto di gallery image smartphone kita.

 

 

Setelah bertahta sebagai Sistem operasi populer di ranah Smartphone dan tablet, rupanya perjuangan Google tak hanya sampai disitu saja. Google ingin sistem operasi Android yang diciptakannya bisa fleksibel digunakan di berbagai peralatan multimedia yang semakin menunjukkan perkembangan yang progresif.

Kali ini Google mencoba untuk menerapkan Android di Televisi, namun sudah barang tentu bukan televisi biasa melainkan Smart TV untuk mendukung multimedia serta dukungan internet. Sebelumnya teknologi ini memang sudah pernah diterapkan oleh apple lewat layanan Apple TV. Pengguna bisa menikmati beragam konten multimedia mulai dari musik, video serta layanan TV internet.

 

 

 

Begitupula seperti apa yang dikerjakan Google sekarang di proyek Smart TV ini, seperti yang dikutip coliin.com dari Kompas, Google menciptakan Televisi Superspring yang memanfaatkan sistem operasi Android. Istilah tepatnya Android internet TV. Maka, Anda bisa menikmati semua fitur maupun aplikasi Android (perangkat ini memakai versi Froyo) di layar televisi. Tentu lah tak semua TV, perangkat berdimensi 115 x110 x28 mm ini meminta televisi berkualifikasi HDMI sebagai monitornya.

Prinsip kerja perangkat ini mirip komputer saja. Koneksi ke televisi memakai kabel HDMI. Sambungan ke internet bisa melalui dua opsi; Wi-Fi atau kabel ethernet RJ45 seperti yang Anda gunakan di rumah. Sedangkan untuk input teks tetap dibutuhkan sebuah keyboard biasa dengan memanfaatkan koneksi USB. Saat memilih atau menjalankan menu maupun aplikasi, Anda bisa memakai remote control bak mengoperasikan televisi yang telah disediakan sebagai satu paket pembelian.

Keuntungan yang tak diperoleh dari perangkat ponsel maupun tablet pastinya adalah ketika menikmati video high definition atau main game. Lewat televisi (apalagi yang berlayar lebar) menjadi lebih menyenangkan dan merupakan pengalaman baru. Misalnya memainkan game Angry Birds, Anda bisa menarik katapel dengan menekan dan memainkan remote control. Kira-kira seperti main dengan konsol Wii.

Karena high definition itu pula kualitas audio jauh lebih baik. Apalagi bila Anda telah memakai sound system tambahan di ruang tengah. Begitu halnya saat Anda menonton video klip maupun mendengar audio.

Aplikasi Android yang segudang dapat Anda pilih, umpamanya yang bergenre pendidikan anak. Lewat media televisi Anda bisa mengajarkan matematika atau pengetahuan alam dengan tampilan grafis yang lebih menarik pun interaktif. Maka fungsi televisi tak lagi sekadar sebagai media tonton sinetron belaka. Jangan lupa bila Anda ingin memamerkan foto, menyimak Facebook bersama-sama, juga meng-up date bisa dilakukan bersama keluarga.

 

4. Tugas yang diberikan adalah membuka halaman sebuha website, lalu mengartikan source code pada halaman tersebut secara sederhana. halaman yang saya pilih yaitu google.

source codenya sebagai berikut:

<!doctype html><html itemscope="itemscope" itemtype="http://schema.org/WebPage"><head><meta itemprop="image" content="/images/google_favicon_128.png"/><title>Google</title><script>window.google={kEI:"F-_MT7aZFMjtrAfR4oGrDg",getEI:function(a){var b;while(a&&!(a.getAttribute&&(b=a.getAttribute("eid"))))a=a.parentNode;return b||google.kEI},https:function(){return window.location.protocol=="https:"},kEXPI:"25657,34540,35268,36515,37102,37409,37864,38100,38285,39088,39140,39187",kCSI:{e:"25657,34540,35268,36515,37102,37409,37864,38100,38285,39088,39140,39187",ei:"F-_MT7aZFMjtrAfR4oGrDg"},authuser:0,ml:function(){},pageState:"#",kHL:"id",time:function(){return(new Date).getTime()},log:function(a,

menurut perkiraan saya, source code diatas berfungsi untuk menampilkan gambatr yang akan keluar saat membuka halaman website tersebut.

 

source code berikutnya:

window.google.sn="webhp";window.google.timers={};window.google.startTick=function(a,b){window.google.timers[a]={t:{start:(new Date).getTime()},bfr:!(!b)}};window.google.tick=function(a,b,c){if(!window.google.timers[a])google.startTick(a);window.google.timers[a].t[b]=c||(new Date).getTime()};google.startTick("load",true);try{window.google.pt=window.chrome&&window.chrome.csi&&Math.floor(window.chrome.csi().pageT);}catch(u){}

source code di atas berfungsi untuk memberitahukan waktu seperti jam, menit, detik.

 

sekian dulu resume saya. mohon maaf pak, karena koneksi internet yang kacau. dan semoga menjadi pelajaran bagi saya untuk menyimpan soft copy segala file yang berhubungan dengan perkuliahan. terimakasih banyak pak

2 Komentar

Fadhilah D.H

pada : 15 June 2012


"Assalamualaikum...saya mau bertanya,menurut anda apa yang menjadi kelemahan dari android itu sndri dan bagaimna cara mengetahui sebuah android tersebut sudah memiliki fasilitas yang sekarang kita butuhkan...
terima kasih......:)"


admin

pada : 29 June 2012


"kelemahan android sendiri itu adalah penggunaan konsumsin battery yg terlalu besar
ada yang bs saya bantu lagi?"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :